Regenerasi Pengurus Sekolah Minggu Remaja

Pengurus Sekolah Minggu Remaja

Hari Minggu (7/12) yang lalu, Sekolah Minggu Remaja GKJ Manahan melakukan regenerasi pengurus yang diteguhkan oleh pendeta Retno Ratih Suryaning Handayani, M.Th, MA dalam persekutuan kelompok besar. 

Bacaan I Samuel 16:1-13 menjadi dasar yang meneguhkan anak-anak Sekolah Minggu Remaja untuk belajar dari seorang pemimpin yang diurapi oleh Tuhan. Dalam melaksanakan tugasnya, Samuel yang diperintahkan Tuhan untuk pergi ke Betlehem, untuk mengurapi seseorang menjadi raja atas Israel, menggantikan Saul yang telah ditolak oleh Tuhan. Ketika Samuel melihat anak-anak Isai, salah satunya Abinadab, yang memiliki paras yang bagus dan perawakan yang tinggi besar, ternyata bukan dia yang dipilih oleh Tuhan. De!ikian pula dengan anak-anak Isai yang lain, sampai akhirnya Daud, si bungsu dipanggil dan Tuhan menyatakam kepada Samuel untuk segera mengurapi Daud menjadi raja atas Israel. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.

Yang menjadikan Daud seorang pemimpin yang hebat, bukan hanya karena ia pilihan Tuhan dan telah diurapi, akan tetapi juga karena setiap saat Daud mengasah kemampuannya, ia berani berinisiatif, berani memulai dan melakukan tanggung jawabnya dengan baik. Sebagaimana yang dinyatakan dalam kisah selanjutnya, bagaimana Daud berinisiatif melawan Goliat dan Tuhan menyertainya hingga mendapatkan kemenangan atas musuhnya.

Adanya kepengurusan dalam Sekolah Minggu Remaja ini bertujuan untuk melatih para remaja untuk melayani, baik dalam pelayanan pembinaan rohani di kelas sekolah minggu, keorganisasian maupun pelayanan teknis lainnya. Dalam regenerasi pengurus Sekolah Minggu Remaja ini, kita juga melihat bahwa orang-orang yang menjadi pengurus adalah orang yang dipilih Tuhan, sebagaimana Daud dipilih Tuhan dan terus melatih diri untuk menjadi pemimpin yang hebat.

Diharapkan dengan adanya tim baru sebagai pengurus Sekolah Minggu Remaja akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya pembinaan rohani dan pembinaan pelayanan teknis di lingkup Gereja Kristen Jawa Manahan Surakarta, sehingga dari kelas-kelas sekolah minggu akan muncul generasi muda yang takut akan Tuhan dan memiliki hati untuk melayani Tuhan di gereja.

 

Add new comment