Renungan

Renungan GKJ Manahan

Mari kita senantiasa merenungkan Firman Tuhan setiap hari dan menerapkannya dalam kehidupan itu sehari-hari

Berjaga dengan Terjaga

Memasuki bulan Desember kita diingatkan bahwa kita akan memasuki masa Adven. Masa Adven adalah masa penantian masa kita menantikan kedatangan Yesus sebagai kegenapan janji Allah. Masa adven dipahami sebagai:

Renungan

Gambaran tentang seorang raja biasanya tidak jauh dari status, kedudukan dan kekuasaan. Gelar “raja” akan diberikan kepada seseorang yang membawa kemenangan dalam peperangan yang besar. Namun teladan Yesus sebagai Raja bukan berbicara soal status, kedudukan dan kekuasaan. Yesus meneladankan nilai–nilai seorang raja yang sejati, bukan soal status saja tetapi soal fungsi bukan soal kekuasaan melainkan soal nilai.

Etos Kerja Kristen

Bacaan: 2 Tesalonika 3:6-13
Orang memperoleh pengetahuan dan ketrampilan supaya dapat bekerja. Kerja yang dimaksud di sini adalah definisi kedua menurut kamus besar bahasa Indonesia. Menurut kamus besar bahasa Indonesia online kerja berarti:

Jadikan Hidup Lebih Hidup

Bacaan:
Ayub 19 :23–27a; Mazmur 17: 1 – 9; 2 Tesalonika 2:1 – 5; Lukas 20:27 – 38

Kunci Keberhasilan kita adalah Semangat, dengan semangat kita akan dapat menjalani dan mengisi kehidupan ini dengan baik. Segala sesuatu yang didasari dan dilakukan dengan semangat maka hasilnyapun akan sangat memuaskan, dalam melakukan pekerjaan atau dalam melaksanakan tugas kita sehari-hari yang kita dasari dengan semangat maka semuanya akan terasa mudah untuk kita jalani dan akan mendatangkan berkat bagi kita.

Allah Sumber Kekuatan Keluarga

Bacaan:
Yeremia 14 :7–10, 19 – 22; Mazmur 84: 2 – 8; 2 Timotius 4:6 – 18, 16 – 18; Lukas 18:9 – 14

Tema kotbah minggu ini adalah Allah sumber kekuatan keluarga melalui terang Firman Tuhan dalam Lukas 18: 9-14 tentang perkenan Tuhan kepada pemungut cukai yang rendah hati lebih dari orang Farisi yang membanggakan ketaatannya menjalankan semua syariat Tuhan. Lalu apa hubungan kehadiran Allah dalam keluarga sebagai sumber kekuatan dengan sikap dan perilaku rendah hati?

Hidup Bersyukur


Bacaan I: 2 Raja-raja 5 :1-3, 7-15;
Tanggapan: Mazmur 111;
Bacaan II: 2 Timotius 2:8-15;
Bacaan Injil: Lukas 17:11-19