Berjaga dengan Terjaga

Memasuki bulan Desember kita diingatkan bahwa kita akan memasuki masa Adven. Masa Adven adalah masa penantian masa kita menantikan kedatangan Yesus sebagai kegenapan janji Allah. Masa adven dipahami sebagai:

  1. Masa penantian kelahiran Tuhan Yesus
  2. Penantian Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali

Kita menyadari bahwa dalam masa penantian itu ada kalanya menjadi hal yang tidak menyenangkan,menjenuhkan dan membosankan dan bisa menimbulkan keputusasaan. Penantian yang dilakukan hanya sebagai rutinitas akan menimbulkan keputusasaan. Dalam hal penantian tidak semua yang berhubungan dengan menanti itu tidak menyenangkan ada kalanya menanti menjadi sesuatu yang menyenangkan sebagai contoh ketika kita menantikan kedatangan seorang suami yang ada diluar kota, kita akan bersiap-siap untuk menyambutnya. Demikian juga halnya kita sebagai orang percaya ketika menyambut Tuhan dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Berjaga dengan terjaga adalah sebuah seruan kepada kita untuk senantiasa waspada menyambut kedatangan Tuhan sebagai umat kristen cara kita memaknai seruan untuk senantiasa berjaga yaitu :

  1. Terus merindukan pengajaran
  2. Hidup dalam pengharapan
  3. Mencintai tempat kediaman Tuhan
  4. Mengenakan Kristus dalam hidup

Oleh karena itu melalui masa adven dalam minggu pertama ini kita mulai berbenah diri untuk menyambut kedatangan Tuhan, sehingga kita mampu membangkitkan kesadaran diri sebagai bentuk kewaspadaan iman. Supaya kita dapat menyambut kedatangan Tuhan Yesus dengan sukacita.

Sumber: Warta Gereja edisi 1 Desember 2019

Kategori