”Memberitakan Kabar Baik bagi Bangsa”

Pengantar
Tak terasa waktu bergulir begitu cepat. Hari ini kita kembali memasuki masa Adven, masa penantian akan kedatangan Tuhan Yesus berangkat dari hal itu, maka dalam menyongsong dan merayakan natal, kita mesti mempersiapkan diri, lalu bagaimana? Dalam bagian tulisan ini, kami menyiapkan tips untuk menyongsong dan merayakan natal dengan demikian natal memberi makna bagi kita.

Menyongsong Natal dengan Beradven
Adven dalam tradisi Gereja adalah periode sebelum Natal. Kata Advent berasal dari bahasa Latin : Adventtus yang artinya adalah kedatangan. Kata ini kemudian dimaknai sebagai kedatangan Mesias atau Kristus yang kedua. Dalam masa adven ini, apa yang kita lakukan?

a.Adven adalah masa pertobatan, puasa dan doa.
Masa adven merupakan suatu kesempatan bagi orang-orang Kristen untuk belajar menantikan kedatangan Kristus yang kedua dalam rangka pemenuhan Kerajaan Allah. Ketika kita mempersiapkan segala sesuatu untuk merayakan Natal, kita diingatkan bahwa Kristus yang telah lahir pada masa yang lalu itu akan datang lagi memenuhi dan menyempurnakan Kerajaan Allah. Mengingat masa advent bukan masa natal, maka semestinya masa adven dilakukan sebagai masa untuk melakukan penghayatan guna menyongsong kedatangan Kerajaan Allah.
Orientasi kepada perayaan Natal sebagai hari raya gerejawi yang dianggap paling penting dan meriah telah menggeser makna penantian terhadap kedatangan Kerajaan Allah yang sempurna. Mengembalikan makna advent adalah cara yang mesti kita lakukan agar natal tidak kehilangan maknanya.

b.Pemasangan Pohon Natal
Bagi warga jemaat yang memiliki pohon natal, baik juga kalau pada masa advent pohon natal dengan segala hiasannya dipasang dan ditempatkan di tempat yang strategis. Sangat disarankan pemasangan pohon natal tersebut dengan melibatkan seluruh anggota keluarga sebagai wujud kebersamaan keluarga.

Pemasangan pohon natal ini akan memperkuat suasana penantian kedatangan Tuhan, disamping itu menjadi kesaksian bagi masyarakat. Dengan pemasangan pohon natal menjadi tanda bahwa keluarga kita adalah keluarga kristen.

c.Kebaktian Keluarga.
Selama masa advent, jemaat dianjurkan untuk mengadakan kebaktian keluarga. Idealnya kebaktian keluarga diadakan setiap hari. Namun kalau situasi tidak memungkinkan, minimal ibadah keluarga diadakan dalam satu minggu 1 x. Untuk itu tiap keluarga perlu membuat kesepakatan, kapan kebaktian keluarga diadakan. Pilihlah waktu yang memungkinkan seluruh anggota keluarga dapat mengikutinya, misalnya sore hari sebelum atau setelah makan malam.

Untuk mendukung kebaktian persiapkan : Alkitab, buku pujian, lilin sebagai simbol masa adven dan tempat yang memadai misalnya ruang tamu/ruang keluarga/ruang makan.
Untuk memperlengkapi kebaktian keluarga setiap minggu akan kami lampirkan bahan renungan selama masa adven. Sementara untuk lagu-lagu dapat dipilih sendiri.
Bagi keluarga yang memiliki tape, CD player dll, sangat disarankan memutar lagu-lagu pujian menyambut natal, agar setiap anggota keluarga sejak dini terkondisikan menyambut natal.

Tema Masa Penghayatan Adven dan Natal tahun ini adalah ”Memberitakan Kabar Baik bagi Bangsa”. Melalui tema ini kita diajak untuk membagikan kabar baik bagi semua orang ketika situasi kehidupan bang sa saat ini semakin diliputi oleh kecemasan karena proses krisis ekonomi, situasi politik yang tidak menentu, yang diprediksi akan terus berlangsung sampai pertengahan 2010. Ketika ketidakpastian masih membayangi kehidupan orang-orang yang masih berjuang untuk bertahan hidup, ketika bencana PHK dan bencana sosial lainnya merenggut harapan untuk hidup layak, ketika sakit berkepanjangan atau lilitan hutang makin menjerat, anak-anak bangsa itu mendambakan kabar baik Kerajaan Allah. Kabar baik yang memberi harapan dan sekaligus kekuatan untuk bertahan dan berjuang menghadapi kehidupan ini. Kabar baik itu bukan memonopoli kelompok tertentu atau bangsa tertentu.
Ketika manusia dan dunia dicekam oleh ketakutan bahkan keputusharapan, kabar baik yang diberitakan oleh Allah sendiri dan dilanjutkan oleh gerejaNya memberi keberanian untuk hidup ditengah-tengah masyarakat manusia yang kehilangan keberanian untuk hidup. Demikian pula ketika nilai hidup tidak dihargai dalam pandangan atau ideologi; baik kehidupan bermasyarakat.

Tindakan konkrit yang dapat kita lakukan baik secara pribadi maupun sebagai gereja adalah mewujudkan kabar baik kepada semua orang sehingga tetap ada harapan ditengah-tengah situasi bangsa yang tidak menentu ini. Seperti yang tertulis dalam injil Lukas ”Jangan takut sebab sesungguhnya aku memberitakan kesukaan besar untuk seluruh bangsa”. Kiranya dengan semangat kesaksian akan kabar baik Kerajaan Allah yang sudah terlebih dahulu kita alami dan kita hayati dalam kehidupan sehari-hari dapat kita bagikan kepada sesama seraya menatap ke depan dengan penuh harapan dan kepastian.

Selamat memasuki masa Adven. Tuhan memberkati.

Comments

Terima kasih untukbahan renungan yang memebangun iman saya dan keluarga, Doa kami semoga seluruh hamba hamba Tuhan senantiasa diberikann kekeuatan dari Tuhan Yesus yang kelahirannya kita rayakan, dan diberikan kedamaian di tahun anugerah tahun 2010 mendatang. Pnt.Herman TD Persekutuan Oikoumene Umat Kristen (POUK)- Komplek tambang Nikel PT INCO - Sorowako - Luwu Timur Dibawah naungan PGI-Wilayah Sulselbara. HP. 0811 423 465

Add new comment